Selasa, 10 November 2009

Diklat PAKEM di Kabupaten Jepara

REPLIKASI PAKEM DI KABUPATEN JEPARA

· DASAR PELAKSANAAN

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru-guru SD di Kabupaten Jepara, baru-baru ini telah dilaksanakan “DIKLAT PAKEM“.

Pelatihan ini dilaksanakan karena dipandang perlu sekali berdasarkan hasil survey bahwa guru-guru di Kabupaten Jepara sebagian besar belum dapat melaksanakan pembelajaran PAKEM atau pembelajaran aktif. Hal inilah yang menjadi dasar riil pelaksanaan pelatihan.

Yang menjadi dasar lagi kegiatan tersebut adalah :

1. Surat No: 418/F5/LL/2007 tgl: 17 April 2007

Perihal Bantuan Blogrand Peningkatan Kompetensi guru

2. Surat No: 1960/F5/LL/2007 tgl: 10 Agustus 2007

Perihal : Permohonan melaksanakan Diklat Lesson Study, Diklat PAKEM dan Workshop Olimpiade Matematika dan Sains, dari Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga kependidikan Depdiknas.

· PELAKSANAAN

Pelaksanaan replikasi PAKEM di Kabupaten Jepara

diselenggarakan selama 4 hari yang dimulai tanggal 21-24 Nopember 2007 dan bertempat di Gedung PGRI Kabupaten Jepara. Pelaksanaan diklat PAKEM ini dibuka oleh Kepala Dinas P dan K Kabupaten Jepara, yang diwakili oleh Kabid TTNT Drs. Widodo BR MM.

Kegiatan Diklat tersebut berjalan lancar dan sukses berkat kerjasama yang baik antara Dinas P dan K Kabupaten Jepara, LPMP, dan DBE2 USAID yang dalam hal ini diwakili oleh dua orang MTT (Master Teacher Trainer) dari kabupaten Jepara yaitu: Bp. Tirus dari Gugus Pratiwi Sudarmono ( Kec. Tahunan), dan Ibu Siti Alfiah dari Gugus Gajahmada (Kec. Nalumsari).

· PESERTA PELATIHAN

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 80 orang- guru SD yang terdiri dari: - 60 orang Laki-laki dan

- 20 orang Perempuan.

Mereka merupakan wakil dari masing - masing Kecamatan se-Kabupaten Jepara yang diangap guru yang berkompeten di Kecamatannya masing-masing.

· HASIL YANG DICAPAI

Hasil yang dapat dicapai pada pelatihan ini adalah :

- Guru menguasai teori dan praktek pembelajaran PAKEM.

- Guru dapat menerapkan pembelajaran PAKEM, terbukti dari hasil guru membuat RPP dan melaksanakannya di dalam pelatihan atau yang peer teaching

Tidak ada komentar:

Posting Komentar