Rabu, 04 November 2009

Laporan Best Practice Desember 2008

DALANG CILIK YANG BERBAKAT

AGUNG SURYO LAKSONO

SISWA GUGUS PRATIWI SUDARMONO

KEC. TAHUNAN, KAB. JEPARA

Bakat seni ini mengalir dari sang ayah yang ditekuni sejak masa kecil sebagai niyaga (penabuh gamelan). Oleh karena itu tak heran jika Agung begitu panggilan sehari-hari yang ternyata menyimpan bakat dalam seni pewayangan purwa (wayang kulit). Sejak satu tahun terakhir ini Agung menunjukkan kematangannya dalam pagelaran wayang kulit. Tekadnya untuk menjadi dalang benar-benar terwujud ketika Agung (dikhitankan) karena itulah pertama kalinya dia menunjukkan kebolehannya dalam sabetan wayang, dialog sekaligus memadukannya dengan alunan tembang yang dialunkan pesinden dengan diiringi gamelan.

Sejak itulah Agung Suryo Laksono nama lengkapnya, yang saat ini duduk di bangku kelas V SD Negeri Sukodono 02 kemudian banyak mendapat kesempatan pementasan wayang kulit dalam acara-

acara sunatan maupun dalam acara-acara pernikahan. Walaupun dalam pementasan itu Agung hanya tampil

dalam beberapa babak, namun pementasannya dirasakan sangat istimewa sehingga banyak mengundang penonton baik dari kalangan tua, muda dan terutama anak-anak. Disamping itu setiap penampilannya selalu di dampingi Ki Dalang Mbeling yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat dan sekaligus sebagai pembimbing dan pelatih.Sedangkan dalam latihan biasanya dilakukan setiap seminggu sekali, kecuali saat-saat akan mengadakan pementasan, diadakan latihan secara khusus sebagai gladi bersih. Disamping berbakat sebagai dalang, Agung anak dari pasangan Bapak Marsono dan Ibu Sutinah yang sehari-harinya mengajar di sebuah sekolah TK, saat ini Agung juga menggeluti dalam memainkan kedang. Oleh sebab itu bakat yang dimiliki Agung menjadi kebanggaan tersendiri bagi kedua orang tuanya. Setelah lulus nanti akan diberi kesempatan lebih banyak lagi untuk mengembangkan bakatnya ini, begitu tutur orang tuanya. Terlebih seni pewayangan seperti di daerah Jepara dan sekitarnya yang kurang mendapat simpati dari kalangan muda dan anak-anak. Selamat dan sukses buatmu Agung, karena kecuali mampu dalam seni pedalangan prestasi sekolahmya juga tidak mengecewakan. Semoga budaya warisan para leluhur khususnya wayang kulit tetap lestari. Selamat buatmu Si Dalang Cilik yang Berbakat.

Penulis

Laporan Best Practice

Bulan Desember 2008 LRC Gugus Pratiwi Sudarmono

Tahunan- Jepara

Sunardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar